Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

Forum Penanganan Korban Kekerasan

18 November 2021 20:26:22  Admin Banjarharjo  7.428 Kali Dibaca 

Forum Perlindungan Korban Kekerasan (FPKK) Kalurahan Banjarharjo merupakan forum koordinasi pencegahan, penanganan, dan pemberdayaan korban kekerasan perempuan dan anak yang penyelenggaraanya dilakukan secara berjejaring dan dibentuk di tingkat desa/kalurahan. FPKK Kalurahan Banjarharjo dibentuk melalui SK Lurah Banjarharjo Nomor 69 Tahun 2020, dengan tugas pokok dan fungsi, antara lain :

  1. Mengoordinasikan dan menyinkronkan pencegahan, pelayanan, dan pemberdayaan terhadap korban kekerasan perempuan dan anak;
  2. Memelihara dan mengembangkan FPKK dalam pencegahan, pelayanan, dan pemberdayaan korban kekerasan secara berjejaring serta sistem rujukan;
  3. Melakukan pendidikan tentang nilai-nilai non diskriminasi terhadap perempuan dan anak;
  4. Melakukan sosialisasi peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan penyelenggaraan perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan;
  5. Mengumpulkan, menyusun, dan menyajikan laporan data korban kekerasan; dan
  6. Melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap penyelenggaraan perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan.

Latar belakang dari pembentukan FPKK Kalurahan Banjarharjo dikarenakan munculnya kasus kekerasan terhadap perempuan, seperti : Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), Peminggiran Ekonomi Perempuan, Kekerasan Seksual, dan Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO). Bahkan, dari beberapa kasus tersebut, pernah dilaporkan kepada kepolisian.

Fungsi dan tugas FPKK tidak hanya tentang perempuan, melainkan persoalan yang berkaitan dengan anak. Pada tahun 2020, FPKK Kalurahan Banjarharjo bekerjasama dengan Kalyanamitra dan FPKK Kapanewon Kalibawang berhasil mendampingi dan merujuk anak perempuan yang menjadi korban (seksual) kenakalan anak ke Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Wanita (BPRSW) DIY.

Sebagai bentuk komitmen dari pemerintah terhadap perlindungan perempuan dan anak, Pemkal Banjarharjo mengalokasikan anggaran publiknya untuk peningkatan kapasitas individu maupun kelembagaan FPKK. Pada tahun 2020, Pemkal Banjarharjo mengalokasikan anggaran sebesar Rp 8.215.000,00; kemudian pada tahun 2021, mengalokasikan anggaran sebesar Rp 4.442.000,00.

Pada tahun 2021, Pemerintah Kalurahan Banjarharjo menginisiasi pembentukan FPKK sampai tingkat padukuhan, melalui SK Lurah Banjarharjo Nomor 67 Tahun 2021. Melalui SK tersebut, Pemkal Banjarharjo berharap kelembagaan FPKK mampu melakukan upaya pencegahan dan penanganan kasus di tingkat padukuhan secara optimal.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jalan Sentolo Muntilan Km 20, Ngrajun, Banjarharo, Kealibawang, Kulon Progo
Kalurahan : BANJARHARJO
Kapanewon : KALIBAWANG
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55672
Telepon : 0274
Email : kalurahanbanjarharjo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:67
    Kemarin:116
    Total Pengunjung:11.712
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.206.14.36
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID