You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan BANJARHARJO
Kalurahan BANJARHARJO

Kapanewon KALIBAWANG, Kabupaten KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Banjarharjo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo

Optimalisasi SID, Pemkal Banjarharjo Menyelenggarakan Pelatihan Fotografi Jurnalistik

Admin Banjarharjo 28 September 2021 Dibaca 853 Kali
Optimalisasi SID, Pemkal Banjarharjo Menyelenggarakan Pelatihan Fotografi Jurnalistik

Bertempat di Aula Serbaguna Kalurahan Banjarharjo, Pemerintah Kalurahan (Pemkal) Banjarharjo bekerjasama dengan Kalyanamitra menggelar Pelatihan Fotografi Jurnalistik untuk Optimalisasi Sistem Informasi Desa (SID), Sabtu 25 September 2021. Pelatihan ini dihadiri oleh 20 peserta dari unsur Aparatur Kalurahan Banjarharjo, Pokja Forum Pengembang SID, dan Pemuda/i Kalurahan Banjarharjo.

Pelatihan Fotografi Jurnalistik untuk Optimalisasi Sistem Informasi Desa (SID) merupakan kolaborasi antara Pemkal Banjarharjo dengan Kalyanamitra dan didukung sepenuhnya oleh Kalyanamitra. Narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan ini adalah Herlambang Jati Kusumo, jurnalis dari Harian Jogja (Harjo), sekaligus staf pengajar fotografi jurnalistik di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta.

Pelatihan Fotografi Jurnalistik untuk Optimalisasi Sistem Informasi Desa (SID) dibuka dengan materi pengantar fotografi jurnalistik. SPL Kalyanamitra, Yoga Putra Prameswari, menyampaikan elemen kunci dalam memahami fotografi jurnalistik. “Ada 3 (tiga) elemen penting dalam fotografi jurnalistik, yaitu foto sebagai produk visual, nilai berita, dan terakhir terdapat teks/caption yang menjelaskan foto tersebut”, terang Yoga.

Selanjutnya narasumber membagi pelatihan menjadi 2 (dua) sesi, yaitu teori dan praktik. Pada sesi teori, narsumber menyampaikan materi tentang jenis – jenis fotografi jurnalistik, pengantar photo story, dan membuat caption dalam fotografi jurnalistik. Setelah sesi teori, peserta diminta mempraktikkan teori - teori yang telah diperoleh dengan memotret sebuah foto yang mempunyai nilai jurnalistik, serta memberikan caption terhadap foto tersebut.

Jogoboyo Kalurahan Banjarharjo, Teguh Indarto, S.Pd, berterimakasih atas bantuan Kalyanamitra yang telah memfasilitasi pengembangan SID Banjarharjo. “Harapannya, peserta pelatihan dapat mengaplikasikan pengetahuan (tentang fotografi jurnalistik) untuk (SID) Kalurahan Banjarharjo”, ujar Teguh.

Seorang peserta pelatihan, David Hariadi dari Padukuhan Ngrajun, merasa senang dengan pelatihan ini. “Dengan menghadirkan narasumber yang profesional, kita mendapatkan pengetahuan yang memadai (tentang fotografi jurnalistik), terlebih memotret merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh seseorang”, terang David. “Saya berharap, kegiatan semacam ini, diselenggarakan lagi agar dapat memajukan desa, serta menggiatkan generasi mudanya,” tutup David. [GSP] Credit Photo : Rasti Andani

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image