Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

Artikel

Optimalisasi SID, Pemkal Banjarharjo Menyelenggarakan Pelatihan Fotografi Jurnalistik

28 September 2021 14:45:13  Admin Banjarharjo  204 Kali Dibaca  Berita Desa

Bertempat di Aula Serbaguna Kalurahan Banjarharjo, Pemerintah Kalurahan (Pemkal) Banjarharjo bekerjasama dengan Kalyanamitra menggelar Pelatihan Fotografi Jurnalistik untuk Optimalisasi Sistem Informasi Desa (SID), Sabtu 25 September 2021. Pelatihan ini dihadiri oleh 20 peserta dari unsur Aparatur Kalurahan Banjarharjo, Pokja Forum Pengembang SID, dan Pemuda/i Kalurahan Banjarharjo.

Pelatihan Fotografi Jurnalistik untuk Optimalisasi Sistem Informasi Desa (SID) merupakan kolaborasi antara Pemkal Banjarharjo dengan Kalyanamitra dan didukung sepenuhnya oleh Kalyanamitra. Narasumber yang dihadirkan dalam pelatihan ini adalah Herlambang Jati Kusumo, jurnalis dari Harian Jogja (Harjo), sekaligus staf pengajar fotografi jurnalistik di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta.

Pelatihan Fotografi Jurnalistik untuk Optimalisasi Sistem Informasi Desa (SID) dibuka dengan materi pengantar fotografi jurnalistik. SPL Kalyanamitra, Yoga Putra Prameswari, menyampaikan elemen kunci dalam memahami fotografi jurnalistik. “Ada 3 (tiga) elemen penting dalam fotografi jurnalistik, yaitu foto sebagai produk visual, nilai berita, dan terakhir terdapat teks/caption yang menjelaskan foto tersebut”, terang Yoga.

Selanjutnya narasumber membagi pelatihan menjadi 2 (dua) sesi, yaitu teori dan praktik. Pada sesi teori, narsumber menyampaikan materi tentang jenis – jenis fotografi jurnalistik, pengantar photo story, dan membuat caption dalam fotografi jurnalistik. Setelah sesi teori, peserta diminta mempraktikkan teori - teori yang telah diperoleh dengan memotret sebuah foto yang mempunyai nilai jurnalistik, serta memberikan caption terhadap foto tersebut.

Jogoboyo Kalurahan Banjarharjo, Teguh Indarto, S.Pd, berterimakasih atas bantuan Kalyanamitra yang telah memfasilitasi pengembangan SID Banjarharjo. “Harapannya, peserta pelatihan dapat mengaplikasikan pengetahuan (tentang fotografi jurnalistik) untuk (SID) Kalurahan Banjarharjo”, ujar Teguh.

Seorang peserta pelatihan, David Hariadi dari Padukuhan Ngrajun, merasa senang dengan pelatihan ini. “Dengan menghadirkan narasumber yang profesional, kita mendapatkan pengetahuan yang memadai (tentang fotografi jurnalistik), terlebih memotret merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh seseorang”, terang David. “Saya berharap, kegiatan semacam ini, diselenggarakan lagi agar dapat memajukan desa, serta menggiatkan generasi mudanya,” tutup David. [GSP] Credit Photo : Rasti Andani

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Alamat : Jalan Sentolo Muntilan Km 20, Ngrajun, Banjarharo, Kealibawang, Kulon Progo
Kalurahan : BANJARHARJO
Kapanewon : KALIBAWANG
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55672
Telepon : 0274
Email : kalurahanbanjarharjo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:74
    Kemarin:116
    Total Pengunjung:11.719
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.206.14.36
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

01 Januari 2019 | 25.499 Kali
Sejarah Desa
08 Juli 2019 | 25.465 Kali
Maklumat PPID
01 Januari 2019 | 25.452 Kali
Profil Wilayah Desa
05 Maret 2019 | 25.429 Kali
Pemerintah desa
05 Maret 2019 | 25.423 Kali
Profil
08 Juli 2019 | 25.421 Kali
Aduan
05 Maret 2019 | 25.409 Kali
Visi Misi

Statistik SID