You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan BANJARHARJO
Kalurahan BANJARHARJO

Kapanewon KALIBAWANG, Kabupaten KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Banjarharjo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo

Optimalisasi SID, Pemkal Banjarharjo Gelar Pelatihan Jurnalisme Warga

Administrator 21 September 2021 Dibaca 892 Kali
Optimalisasi SID, Pemkal Banjarharjo Gelar Pelatihan Jurnalisme Warga

Pada hari Sabtu, 18 September 2021, Pemerintah Kalurahan (Pemkal) Banjarharjo bekerjasama dengan Kalyanamitra mengadakan Pelatihan Jurnalisme Warga bagi Optimalisasi Sistem Informasi Desa (SID) Banjarharjo. Bertempat di Aula Serbaguna Kalurahan Banjarharjo, kegiatan ini dihadiri sebanyak 24 peserta dari unsur Lurah, Jagabaya, Dukuh Sanggrahan, Wakil Ketua BPK, perwakilan pemuda/i maupun kelompok perempuan se – Banjarharjo.

 

Pelaksanaan Pelatihan Jurnalisme Warga bagi Optimalisasi Sistem Informasi Desa (SID) Banjarharjo didukung oleh Kalyanamitra, dengan menghadirkan jurnalis Harian Jogja, Herlambang Jati Kusumo. Beberapa materi yang disampaikan oleh narasumber, antara lain pengantar jurnalisme (bagi) warga dan jurnalistik dasar, seperti pengertian jurnalisme maupun teknik menulis berita yang baik.

 

Lurah Banjarharjo, Susanto, dalam sambutannya menyampaikan harapannya agar pemuda/i Banjarharjo dapat menyampaikan segala sesuatu yang ada di desa/kalurahan dalam bentuk tulisan, serta dapat menyaring beragam potensi sumber daya manusia (SDM) di Banjarharjo. Selain itu, keberadaan jurnalis warga dapat membantu Pemkal Banjarharjo mengelola SID. SID merupakan sistem berbasis teknologi informasi yang mendukung pengelolaan pemerintahan, khususnya tata kelola data agar dapat digunakan sebagai rujukan dalam perencanaan pembangunan desa.

Pelaksanaan pelatihan jurnalisme warga ini akan ditindaklanjuti dengan pelatihan fotografi jurnalistik. "Rencananya pasca pelatihan jurnalistik, Kami bersama Pemkal Banjarharjo juga akan mengadakan pelatihan fotografi jurnalistik”, ujar Yoga Putra, salah satu SPL Kalyanamitra. “Fotografi senyatanya tidak lepas dari dimensi jurnalisme itu sendiri”,lanjut Yoga.

Melalui pelatihan ini, diharapkan menumbuhkan budaya menulis maupun literasi warga melalui jurnalisme warga. Dengan begitu, warga dapat mengetahui dinamika perkembangan di tingkat desa maupun padukuhan. [FYH]

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image