You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan BANJARHARJO
Kalurahan BANJARHARJO

Kapanewon KALIBAWANG, Kabupaten KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat Datang Di Website Resmi Pemerintah Kalurahan Banjarharjo, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo

Tim GEMPAR Tinjau KWT Ayem Lestari Demangan

Admin Banjarharjo 15 Oktober 2021 Dibaca 893 Kali
Tim GEMPAR Tinjau KWT Ayem Lestari Demangan

Pada Senin, 4 Oktober 2021, Tim Penilai Gerakan Menaman Pangan di Pekarangan (GEMPAR) Kalibawang melakukan kunjungan ke Sekretariat Kelompok Wanita Tani (KWT) Ayem Lestari Padukuhan Demangan, Kalurahan Banjarharjo. Pertemuan ini dihadiri 50 peserta, yang terdiri dari unsur Pemerintah Kapanewon Kalibawang, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kapanewon Kalibawang, Badan Permusyawaratan Kalurahan (BPK), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kalurahan  (LPMK) Banjarharjo, Pemerintah Kalurahan Banjarharjo, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Banjarharjo, Tim Penilai GEMPAR Kapanewon Kalibawang,  serta Tokoh Masyarakat Demangan.

Kepala Jawatan Kemakmuran Pemerintah Kapanewon Kalibawang, Ir Wahyu Wibowo menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan berdasarkan Instruksi Bupati Kulonprogo Nomor 5 Tahun 2021 tentang Gerakan Menanam Pangan di Pekarangan. Harapannya, masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk mendukung kemandirian pangan.

Kepala BPP Kapanewon Kalibawang, Ermono, SP; sekaligus Ketua Tim Penilai GEMPAR Kapanewon Kalibawang menyampaikan bahwa penilaian akan dilakukan dari sisi administrasi dan lapangan.

Lurah Banjarharjo, Susanto, menyampaikan bahwa pemerintahan desa sedang menggandeng pihak ketiga untuk membuat demplot kebun buah di Kalurahan Banjarharjo. Pemanfaatan pekarangan pun dapat dimanfaakan untuk menanam tanaman buah dan sayur – sayuran, selain tanaman kayu - kayuan.

Ketua KWT Ayem Lestari Padukuhan Demangan, Duwi Winari menyampaikan penanaman dan peremajaan tanaman di demplot tetap berlangsung selama pandemi, seperti terong, tomat, jahe, telang, suweg dan lain sebagainya. Hasil dari kebun tersebut akan diolah oleh anggota (KWT), menjadi panganan lokal dan minuman tradisional yang bergizi dan sehat bagi tubuh.

Ayo, semangat Bela Beli Kulonprogo

"Iso nandur, iso adol"

"Iso nggawe, iso adol"

"Nandur terus, adol terus"

(DS)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image